Mengenal JNE
Sobat Mengecek.id, JNE adalah salah satu jasa pengiriman paket terbesar di Indonesia. Dengan fasilitas yang lengkap, JNE menjadi salah satu pilihan utama bagi masyarakat untuk mengirimkan barang atau dokumen. Namun, sebagai pengguna layanan JNE, pasti Sobat pernah mengalami ketidakpastian mengenai status pengiriman barang atau dokumen yang dikirimkan. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas cara mengatasi hal tersebut dengan Cara Mengecek Resi JNE Online.
Kelebihan Cara Mengecek Resi JNE Online
Cara Mengecek Resi JNE Online memiliki beberapa kelebihan yang dapat membantu Sobat dalam mengatasi ketidakpastian tersebut. Berikut ini beberapa kelebihannya:
No | Kelebihan |
---|---|
1 | Mudah dan Praktis |
2 | Terupdate |
3 | Bisa Dilakukan Kapan Saja dan di Mana Saja |
4 | Tanpa Harus ke Kantor JNE |
5 | Gratis |
Kelebihan tersebut menjadikan Cara Mengecek Resi JNE Online sebagai opsi yang paling mudah, tepat, dan efektif untuk memberikan informasi Mendetail mengenai pengiriman barang atau dokumen yang sedang Sobat kirimkan.
Kekurangan Cara Mengecek Resi JNE Online
Namun, seperti halnya sebuah teknologi, Cara Mengecek Resi JNE Online memiliki kekurangan yang perlu diketahui sebelum Sobat menggunakannya. Berikut ini beberapa kekurangan yang perlu Sobat ketahui:
No | Kekurangan |
---|---|
1 | Memerlukan Koneksi Internet yang Cukup |
2 | Menggunakan Bahasa Inggris |
3 | Status Penerimaan Barang Tidak Terlalu Jelas |
Meskipun memiliki beberapa kekurangan, namun kekurangan tersebut tidak terlalu mempengaruhi cara mengatasi ketidakpastian pengiriman barang atau dokumen yang dikirimkan. Sehingga Cara Mengecek Resi JNE Online masih menjadi opsi terbaik yang mudah, tepat dan efektif dalam memberikan informasi mengenai status pengiriman barang atau dokumen yang Sobat kirimkan.
Cara Mengecek Resi JNE Online
Nah, selanjutnya ini dia cara yang bisa Sobat lakukan untuk mengecek status pengiriman barang atau dokumen menggunakan JNE:
1. Buka halaman website resmi JNE di https://www.jne.co.id.
2. Cari tombol menu “Lacak Kiriman” yang terletak di laman utama website JNE.
3. Setelah halaman “Lacak Kiriman” terbuka, Sobat diminta untuk memasukkan nomor resi pengiriman yang Sobat dapatkan dari pihak JNE. Nomor resi terdiri dari 13 digit angka yang tertera di bagian awal kertas pengiriman atau struk pengiriman barang atau dokumen.
4. Setelah memasukkan nomor resi, klik tombol “Cari”.
5. Jika nomor resi yang Sobat masukkan benar, maka sistem JNE akan menampilkan informasi status pengiriman barang atau dokumen dari asal hingga ke destinasi. Informasi tersebut meliputi status pengiriman barang, tanggal pengiriman barang, dan estimasi waktu pengiriman barang atau dokumen.
6. Sobat dapat menggunakan opsi “Lacak Kiriman Lagi” di bagian bawah halaman “Cari” untuk mengecek nomor resi yang lain.
Frequently Asked Questions (FAQs)
1. Apakah nomor resi JNE dapat digunakan untuk mengetahui status pengiriman barang atau dokumen?
Ya, nomor resi JNE adalah nomor sebanyak 13 digit yang dapat digunakan untuk mengetahui status pengiriman barang atau dokumen melalui fitur “Lacak Kiriman” di website resmi JNE.
2. Apakah nomor resi JNE dapat dipalsukan atau dua nomor resi yang berbeda memberikan hasil yang sama?
Hal tersebut sangatlah sulit. Sebab, nomor resi tersebut merupakan kode unik yang tak mungkin sama antara satu dengan yang lain. Selain itu, pihak JNE juga telah mempunyai sistem keamanan yang baik untuk memastikan ketersediaan informasi resi.
3. Apakah nomor telepon yang diberikan ketika pengiriman dimulai sangat diperlukan?
Iya, nomor telepon yang diberikan saat pengiriman dimulai sangatlah penting. Dengan memiliki nomor telepon pihak JNE akan mempermudah dalam memberikan informasi pengiriman.
4. Berapa lama estimasi waktu pengiriman sesuai dengan keadaan normal?
Estimasi waktu pengiriman JNE tergantung dari berat barang, jarak pengiriman dan juga jenis kecepatan pengiriman yang dipilih. Waktu pengiriman reguler JNE ke kota besar membutuhkan waktu selama 1-3 hari kerja.
5. Apakah JNE menyediakan fitur Super Speed?
Ya, JNE menyediakan fasilitas super speed, di mana Sobat dapat mengirimkan paket dengan waktu pengiriman yang lebih cepat dari pengiriman regular. Waktu pengiriman yang ditawarkan oleh JNE Super Speed 1-2 hari kerja di kota-kota besar dan untuk pengiriman internasional 2-3 hari kerja.
6. Apakah JNE menyediakan layanan pengiriman yang bisa diambil sendiri di kantor JNE?
Ya, JNE menyediakan layanan pengiriman yang bisa diambil langsung di kantor JNE. Sobat hanya perlu memilih “Next-Day Delivery” saat pengisian formulir pengiriman barang sehingga paket yang dikirimkan bisa langsung diambil di kantor JNE pada hari berikutnya.
7. Bisakah nomor resi JNE di ketik manual pada form tracker?
Ya, Sobat bisa memasukkan nomor resi JNE secara manual pada form tracker. Pastikan untuk cermat memasukkan nomor resi agar tidak terjadi kesalahan atau kebocoran informasi.
8. Bagaimana jika menemukan masalah mengenai pengiriman barang atau dokumen melalui JNE?
Sobat dapat menghubungi pihak JNE melalui kontak yang ada di website resminya. Pihak JNE akan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.
9. Apakah JNE memiliki cabang di seluruh Indonesia?
Ya, JNE memiliki cabang di seluruh Indonesia sehingga memudahkan masyarakat untuk menggunakan layanan pengiriman JNE untuk mengirimkan barang atau dokumen.
10. Bisakah pengiriman dilakukan di hari libur?
Terkadang pengiriman melalui JNE dapat dilakukan di hari libur tertentu. Namun, pastikan untuk menghubungi pihak JNE terlebih dahulu untuk mengetahui informasi lebih jelasnya.
11. Apakah layanan COD tersedia untuk pengiriman dengan JNE?
Ya, JNE menyediakan layanan COD atau Cash On Delivery, di mana penerima barang bisa membayar langsung di tempat saat menerima barang. Layanan tersebut dapat memudahkan dalam transaksi pembayaran antara pengirim dan penerima barang.
12. Apakah nomor resi JNE hanya bisa dipakai sekali?
Ya, nomor resi JNE hanya bisa dipakai sekali dalam mengetahui status pengiriman barang atau dokumen. Setelah itu, nomor resi tersebut harus diganti dengan nomor resi yang baru jika Sobat ingin mengecek status pengiriman lagi.
13. Apakah CRC hanya diperuntukkan bagi member JNE?
Tidak, CRC atau Customer Relation Center JNE adalah jasa layanan informasi dan pengaduan nasabah serta pelanggan JNE. Layanan tersebut bisa Sobat gunakan untuk menanyakan keberadaan barang yang dikirimkan maupun mengadukan masalah yang terjadi pada pengiriman barang tersebut.
Kesimpulan
Dalam kesimpulan, Sobat Mengecek.id, Cara Mengecek Resi JNE Online memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam melacak status pengiriman barang atau dokumen dan memberikan kepastian informasi tentang penyerahan barang atau dokumen tersebut dalam keadaan baik. Walaupun memiliki beberapa kekurangan, tetapi kelebihan dari Cara Mengecek Resi JNE Online tetap menjadi pilihan terbaik dalam memberikan informasi Mendetail mengenai pengiriman barang atau dokumen. Sehingga, Sobat dapat menggunakan Cara Mengecek Resi JNE Online dengan mudah dan praktis.
Dengan menggunakan Cara Mengecek Resi JNE Online, Sobat bisa melakukan pengecekan status pengiriman kapan saja dan di mana saja tanpa harus ke kantor JNE. Sobat hanya perlu mengetahui nomor resi yang diberikan saat pengiriman dan mengikuti langkah-langkah sederhana seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
Sobat juga perlu memperhatikan bahwa nomor resi JNE hanya bisa dipakai sekali dalam mengetahui status pengiriman barang atau dokumen, dan harus diganti dengan nomor resi yang baru jika ingin mengecek status pengiriman lagi.
Disclaimer
Untuk informasi lebih lanjut mengenai Cara Mengecek Resi JNE Online, Sobat dapat menghubungi pihak JNE melalui kontak yang terdapat di website resminya. Disclaimer : Artikel ini disusun berdasarkan data yang terkini dan relevan, namun kami tidak bertanggung jawab atas kerugian atau masalah yang timbul akibat penggunaan informasi dalam artikel ini.